05 November 2012

Barang KW, Replika dan SemiOriginal

  1. Untuk menanggapi tweet sebelumnya ttg barang #KW, saya mau share pemikiran saya tentang hal ini....
  2. Penggunaan istilah #KW sendiri sebetulnya kurang tepat dan seringkali disalahgunakan untuk menyamarkan produk "palsu".
  3. Padahal #KW dan palsu itu berbeda. Maka menggunakan istilah #KW untuk produk palsu saja sudah salah.
  4. Yg dimaksud dgn produk #KW sebenarnya adlh produk ASLI yang memiliki tingkatan kualitas setelah melalui proses quality control.
  5. Misalnya, keramik. Ada #KW 1 yg merupakan kualitas terbaik, #KW 2 ada cacat di permukaan, #KW 3 ada cacat permukaan & potongan.
  6. Mungkin krn proses yg sulit, produksi barang tdk bisa sempurna, maka produk yg cacat diberi harga lbh rendah dan diberi kode #KW 2 dst.
  7. Selain karena proses yg sulit, #KW juga digunakan tuk produk alam yg tidak bisa dikendalikan kualitas/ukurannya seperti buah2an atau hewan.
  8. Ada tomat #KW A yg ukurannya paling besar, #KW B untuk yg lbh kecil, dan seterusnya. #KW itu menunjukkan level dari sebuah standar.
  9. Saya tidak tahu persis apakah tas, pakaian, sepatu, dll yang diistilahkan #KW itu benar2 produk asli yg tidak lolos quality control, atau palsu
  10. Kalau itu produk asli, namun tidak lolos QC, lalu diberi istilah #KW 1 dst, maka itu benar adanya. Wajar jika dijual harga lebih murah.
  11. Namun jika ada produk palsu, bukan buatan pabrikan aslinya, lalu diberi istilah #KW itu menyamarkan kepalsuannya & membingungkan konsumen.
  12. Tidak semua produk dijual #KW nya, produk tertentu kalau gak lolos QC langsung rejected. Entah nantinya dibuang atau dijual sebagai "sampah".
  13. Saya lebih respek pada produk tiruan (mirip, tapi beda merk) dibandingkan produk palsu (gunakan merk org lain). Udah gitu ngaku2 #KW pula.
  14. Pernah diskusi dgn penjual: Bagaimana caranya konsumen bisa bedakan ini asli apa #KW "palsu" ...? | Liat aja harganya, gitu jawabnya.
  15. Kalau begitu, jual saja produk #KW palsu dengan harga yang asli, untungnya jadi besar sekali kan? | Si penjual tidak bisa menjawab argumen tersebut.
  16. Nah, bagaimana pula bedakan #KW 2 dan #KW 3 kalo semau2nya aja sendiri bikin istilah...? | Jual aja #KW 4 dengan harga #KW 1, kasian konsumen :(
  17. Maka sangat tidak baik jika pedagang buat2 sendiri standar yang tidak standar... karena hanya akan merugikan konsumen saja. #KW
  18. Karena penggunaan merk itu penting untuk jaminan kwalitas (garansi) dan pertanggungjawaban produsen (waranty). #KW
  19. Jika tidak ada standar baku sebuah produk, maka konsumen mudah dirugikan & industrinya jadi tidak sehat, produsen juga lama2 rugi. #KW
  20. Yuk kita sama2 ciptakan perdagangan yg sehat. Gunakan istilah baku, agar tidak rancu, jauhkan diri dari tipu2 & sumpah palsu. #KW
  21. Selain istilah #KW... ada lagi istilah "replika" dan "semiori"... apa pula ini artinya? | apapun artinya, jelas ini bikin konsumen rancu
  22. #Replika setahu saya digunakan utk mainan, yg meniru barang asli dgn skala ukuran yang sangat presisi. Merknya beda dgn yg asli.
  23. Contoh: #Replika mobil merk X dgn skala 1:50 dlm bentuk mobil mainan merk Y. #Replika senjata asli dlm bentuk senjata mainan.
  24. #Replika juga digunakan untuk benda seni. Yang cuma ada satu2nya, dibuat replikanya untuk "dipajang" di tempat lain.
  25. Tapi bagaimana dgn jam tangan #Replika...? | saya rasa ini penyalahgunaan istilah untuk menyembunyikan: palsu yg mirip banget.
  26. Lalu bagaimana pula dgn istilah #semiori ? | Saya baru tau ada istilah ini. Kalau dari segi bahasa sih: sebagian asli, sebagian palsu :)
  27. Tapi apakah betul #semiori ini adalah "sebagian asli, sebagian palsu"....? atau cuma akal2 lagi aja untuk menyamarkan PALSU? saya ga tau.
  28. Berbagai istilah menyesatkan digunakan untuk menyarukan produk palsu: #KW, #Replika, #Semi-ORI, dll. Hati2, jangan menipu & jangan tertipu.
  29. Tak heran jika Nabi pernah berkata bahwa tempat terburuk adalah pasar. Karena banyak yg bersumpah palsu & berbohong... semoga kita dijauhkan
  30. Namun pahala yg manis juga menjadi imbalan bagi pedagang yg jujur... yaitu di syurga bersama para nabi dan syuhada.
 diambil dari @ahmadgozali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar